Resep dan Cara Masak Jantung Pisang Sayur Santan

NgeCook - Pasti Bunda sudah pada tahu kan... santan, adalah cairan yang warnanya putih susu yang didapat dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring. Wujudnya yang tidak tembus cahaya dan rasanya yang kaya disebabkan oleh kandungan minyak, bagian terbesarnya adalah lemak jenuh. Santan kelapa adalah bahan makanan yang merakyat di Asia Tenggara, Asia Selatan, Karibia, dan Amerika Selatan.


Resep Jantung Pisang Sayur Santan

Bahan dan bumbu yang perlu Bunda siapkan tidak sebanyak seperti memasak dengan kuah santan pedas seperti di atas. Untuk bahan dan bumbu mengolah jantung pisang sayur santan ini adalah sebagai berikut: jantung pisang satu biji, santan instan, bawang merah, bawang putih, cabe merah, Kunyit, jahe dan laos.

Cara Masak Jantung Pisang Sayur Santan

Pertama-tama, kupas dan bersihkan jantung pisang hingga yang terlihat hanya warna putih saja, kemu­dian iris tipis-tipis sesuai dengan selera Bunda masing-masing. Uleg bumbu: bawang merah, bawang putih, camer, kunyit dan jahe sedikit. Tumis bumbu halus, aduk sebentar, masuk­kan laos, aduk-aduk. Lali masukkan jantung pisang, aduk-aduk hingga merata. Beri air, aduk-aduk dan diamkan sebentar agar jantung pisang melunak. Saat air mendidih masukkan santan instan, aduk-aduk agar santan tidak pecah. Tunggu hingga matang, beri gula dan garam, koreksi rasa. Taraaaa... Jantung pisang sayur santan sudah matang dan siap untuk disajian.