8 Aneka Olahan Jantung Pisang dengan Santan Uenakkk Beserta Resep dan Cara Masaknya

NgeCook - Mungkin masih ada Bunda yang belum pernah masak jantung pisang, karena alau di kampung, jantung pisang ini dibuang begitu saja, jarang dimanfaatkan untuk sayuran atau olahan lainnya. Sayang sekali Bunda yaa... padahal di beberapa kota di Indonesia jantung pisang menjadi barang langka dan susah didapat.

Untuk kesehatan, jantung pisang ini bisa bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Karena jantung pisang ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Bisa juga menyembuhkan infeksi, meningkatkan air susu ibu, mengatasi anemia dan juga bisa untuk menormalkan perdarahan menstruasi.

Jantung pisang tidak bisa dikonsumsi begitu saja seperti halnya buah-buahan, tetapi harus dimasak terlebih dulu. Berikut ini, NgeCook akan berbagi 8 resep dan cara masak jantung pisang dengan santan yang bisa Bunda coba untuk masakan keluarga di rumah.

Jantung Pisang Santan Pedas

Buat Bunda yang suka dengan masakan pedas bisa mencoba masak jantung pisang santan pedas berikut ini. Bahan-bahan yang harus Bunda siapkan adalah: 1 buah jantung pisang, 10 cabe ijo, potong-potong, 2 lembar daun salam, seruas lengkuas, 5 cabe rawit merah, segenggam teri medan, garam secukupnya, 1 sendok maan saus tiram, gula, 1 gelas santan encer dan 500 ml santan kental dari kelapa parut.

Cara Masak Jantung Pisang Santan Pedas

Bumbu yang perlu dihaluskan antara lain:  3 cabe merah, 5 bawang putih, 7 bawang merah, 2 cm kunyit dan 2 kemiri.

Cara Masak Jantung Pisang Santan Pedas

Cara memasaknya cukup mudah, Bunda ikuti saja langkah-langkah berikut ini. Potong-potong jantung pisang lagsung ke air yang sudah di campur 2 sendok makan garam. Rebus sampai matang, lalu tiriskan, cuci lagi degan air mengalir, agar getahnya ikut hilang. Goreng kering teri medan, sisihkan. Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas. Beri 1 gelas santan encer, garam dan saus tiram, aduk. Masukan cabe ijo dan cabe rawit merah utuh. Lalu masukan jantung pisang, aduk rata, cicipi. Setelah mendidih, masukan santan kental, sambil terus di aduk pelan, supaya santan tidak pecah. Setelah matang hidangkan degan di tabur teri medan.

Jantung Pisang Sayur Santan

Tidak semua lidah cocok dan memiliki selera pedas seperti resep masakan di atas, karena selera masing-masig orang berbeda-beda. Resep kedua berikut ini adalah cara memasak jantung pisang dengan sayur santan yang enak dan cocok untuk variasi menu keluarga hari ini. Lebih mudah dan cara gampangnya, Bunda bisa menggunakan santan instan yang bisa dibeli di toko-toko dekat rumah. Tanpa harus memarut dan memeras santan sendiri.

Bahan dan Bumbu Jantung Pisang Sayur Santan

Bahan dan bumbu yang perlu Bunda siapkan tidak sebanyak seperti memasak dengan kuah santan pedas seperti di atas. Untuk bahan dan bumbu mengolah jantung pisang sayur santan ini adalah sebagai berikut: jantung pisang satu biji, santan instan, bawang merah, bawang putih, cabe merah, Kunyit, jahe dan laos.

Cara Masak Jantung Pisang Sayur Santan

Cara Masak Jantung Pisang Sayur Santan

Pertama-tama, kupas dan bersihkan jantung pisang hingga yang terlihat hanya warna putih saja, kemu­dian iris tipis-tipis sesuai dengan selera Bunda masing-masing. Uleg bumbu: bawang merah, bawang putih, camer, kunyit dan jahe sedikit. Tumis bumbu halus, aduk sebentar, masuk­kan laos, aduk-aduk. Lali masukkan jantung pisang, aduk-aduk hingga merata. Beri air, aduk-aduk dan diamkan sebentar agar jantung pisang melunak. Saat air mendidih masukkan santan instan, aduk-aduk agar santan tidak pecah. Tunggu hingga matang, beri gula dan garam, koreksi rasa. Taraaaa... Jantung pisang sayur santan sudah matang dan siap untuk disajian

Gulai Jantung Pisang Tanpa Santan

Yang terbayanag dalam benak kita, gulai adalah masakan berbahan baku daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih. Ciri khas gulai adalah bumbunya yang kaya rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan. Masakan ini yang memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari ala Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ditemukan kari.

Bagaimana dengan gulai jantung pisang? Dimana unsur dagingnya? Dimasak tanpa santan pula... Seperti apa jadinya... Mungkin Bunda pada penasaran dengan resep gulai jantung pisang tanpa santan yang dishare oleh Bunda Cicik Ary di cookpad ini.

Cara Masak Gulai Jantung Pisang Tanpa Santan

Bahan Gulai Jantung Pisang Tanpa Santan

Bahan-bahan dan bumbu yang harus Bunda siapkan untuk mencoba masakan ini adalah: 1 buah jantung pisang kepok, 5 butir kemiri, 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 batang bawang daun, 1 ruas jari lengkuas geprek, 1 ruas jari kunyit, 5 biji cabe rawit, secukupnya gulgar, sedikit merica, 1 sdm minyak utk menumis, secukupnya air utk merebus dan 2 gelas air untnk kuah sayurnya. Lalu bagaimana cara memasaknya.... Silahkan Bunda simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Masak Gulai Jantung Pisang Tanpa Santan

Pertama-tama didihkan air, belah jantung pisang jadi 4, kemudian rebus sampai empuk, iris kecil sesuai dengan selera, peras airnya, kemudian sisihkan terlebih dulu. Haluskan kemiri, kunyit dan merica. Iris bawang dan lengkuas juga cabe rawit. Tumis bersama kemiri halus. Tambahkan air. Setelah mendidih, masukkan jantung pisang, bisa juga ditambahkan irisan tahu/ tempe. Masukkan gula dan garam, penyedap rasa, kalau Bunda tidak suka boleh skip. Tes rasa.. aduk sesekali hingga air sedikit menyusut. Angkat dan hidangkan degan nasi hangat.

Sayur Jantung Pisang Tanpa Santan

Buat Bunda yang suka sayuran, namun menghindari santan, bisa mencoba resep sayur jantung pisang tanpa santan berikut ini. Meskipun rasanya cukup menggoda, terkadang masakan yang berbau santan memang jadi menu yang harus dihindari demi menjaga kesehatan.

Bahan Sayur Jantung Pisang Tanpa Santan

Bahan-bahan yang perlu Bunda siapkan adalah sebagai berikut: 1 buah jantung pisang, 1 batang serai/sereh, kupas kulit luar lalu geprek, 2 cm lengkuas/laos digeprek, 3 lembar daun jeruk, 1 lembar daun salam, 400 ml air, garam dan gula secukupnya, ½ kaldu bubuk atau sesuai keinginan dan yang terakhis adalah minyak secukupnya untuk menumis bumbu.

Cara Masak Sayur Jantung Pisang Tanpa Santan

Bumbu yang dihaluskan

2 buah cabe merah besar, 4 butir kemiri, ½ sdt ketumbar, ¼ sdt pala, 2 siung bawang putih, 3 butir bawang merah dan 2 cm kunyit

Cara Masak Sayur Jantung Pisang Tanpa Santan

Kupas dan cuci jantung pisang hingga bersih. Bisa juga direndam air garam sebentar untuk menghilangkan getahnya. Rebus hingga empuk lalu potong sesuai dengan selera Bunda. Panaskan minyak di wajan lalu masukkan bumbu, aduk sampai rata. Tuang air lalu masukkan potongan jantung pisang yang sudah direbus tadi selanjutnya masak hingga mendidih. Beri garam, gula dan kaldu bubuk. Cicipi dan sesuaikan rasanya, masak hingga semuanya matang. Dan siap untuk dihidangkan buat keluarga tercinta

Jantung Pisang Kuah Santan

Sebagai mana kita ketahui bersama, buah pisang sebagai sumber potasium, karbohidrat, mineral, vitamin C, dan B6 sangat baik untuk tubuh. Bukan cuma buahnya yang berguna buat kesehatan, jantung pisang juga mengandung nutrisi yang kaya vitamin E dan flavanoid. Bunda bisa mengolah jantung pisang ini menjadi sayuran yang sedap. Selain berbagai olahan yang sudah dishare di atas, kali ini adalah olahan jantung pisang dengan menggunakan kuah santan.

Bahan Membuat Masakan Jantung Pisang Kuah Santan

Sebelum mulai membuat masakan ini, Bunda siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah jantung pisang kuah santan ini. Yang pertama adalah: 1 buah jantung pisang, jamur putih (seperlunya), 3 buahh wortel, udang rebon (seperlunya), 3 cabe keriting hijau potong serong, 10 cabe rawit merah utuh dan 1 papan petai potong kecil-kecil. Setelah semua bahan Bunda siapkan, selanjutnya adalah meracik bumbunya.


Cara Masak Jantung Pisang Kuah Santan

Bumbu Jantung Pisang Kuah Santan

Agar masakan terasa nikmat dan sedap, berikut ini adalah bumbu masakan jantung pisang kuah santan yang harus Bunda siapkan, Antara lain: 6 buah cabe merah, 1 batang sereh geprek, 5 lembar daun jeruk, 5 bawang merah, 5 bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, 2 cm lengkoas, 2 cm kunyit, 1 cm jahe dan 1 kemiri

Cara Masak Jantung Pisang Kuah Santan

Setelah bahan dan bumbu sudah Bunda siapkan, selanjutnya ketahap akhir, yakni cara masak jantung pisang dengan kuah santan.  Pertama-tama rebus jantung pisang sampai empuk dengan sedikit garam. Angkat dan tiriskan, potong suka-suka sesuai selera Bunda masing-masing. Tumis bumbu yang sudah di halus kan, masukan cabe keriting hijau yang dipotong serong, sereh, daun jeruk, masak sampai wangi, masukan rebon, wortel dan cabe rawit merah utuh. Aduk lagi sebentar. Lalu masukan jamur, aduk dan masukan santan encer, gula, garam dan sedikit penyedap rasa. Lalu masukan jantung pisangnya dan masukan santan kentelnya, cicipi rasa, kalau sudah dirasa cukup, jantung pisang kuah santan sudah matang dan siap untuk dinikmati.

Gulai Santan Jantung Pisang Rebon Cabai Utuh

Jantung pisang yang diolah dengan baik dan tepat akan menjadi masakan yang sedap, menggugah selera dan bikin nagih. Apalagi, jika jantung pisang ini dimasak dengan bumbu rempah yang memiliki rasa serta aroma kuat. Apa Bunda merupakan salah satu pencinta dari sayur jantung pisang ladies? Jika iya, yuk buat masakan enak dari jantung pisang. Seperti apa resep cara membuatnya? Simak yang berikut ini.

Bahan yang Harus Disiapkan

Jenis olahan jantung pisang ini akan cocok sekali dengan Bunda yang memiliki selera pedas tinggi. Dilihat dari cabe yang diperlukan, sudah terbayang bagaimana pedasnya masakan ini. Apa saja bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat olahan gulai jantung pisang ini? Yakni: 1 jantung pisang kepok, 1 santan instan, rebon secukup-nya atau tidak memakai, 20 cabai rawit utuh / iris dua


Cara Masak Gulai Santan Jantung Pisang Rebon

Bumbu Gulai Santan Jantung Pisang Rebon Cabai Utuh

Setelah semua bahan di atas siap, selanjutnya Bunda harus menyiapkan bumbu untuk membuat gulai jantung pisang rebon ini. Diantaranya adalah: 5 cabai merah, 5 bawang merah, 4 bawang putih, sereh memarkan, 1 cm jahe, lengkuas memarkan, 2 cm kunyit, 1 butir kemiri, garam, gula, daun salam atau jeruk dan merica atau lada.

Cara Masak Gulai Jantung Pisang Pedas Gurih Bikin Nagih

Selanjutnua adalah ke tahap akhir, yaitu cara masak gulai jantung pisang. Kupas jantung pisang, ambil bagian yang sudah keliatan putih, rebus air masukan garam jika sudah mendidih masukan jantung pisang jangan terlalu lama, jika setengah empuk tiriskan. Ulek bumbu sampai halus, siapkan minyak dan wajan untuk menumis bumbu, tumis hingga harum. Jika sudah harum, masukan rebon yang sudah di cuci dahulu ke bumbu, masukan jantung pisang, siram air santan, koreksi rasa, tunggu hingga mendidih.

Oseng-Oseng Jantung Pisang Kuah Santan Kental

Selain bisa dibuat untuk sayuran, jantung pisang juga dapat dibuat tumis atao oseng-oseng. Yang pasti rasanya tidak kalah lezatnya oseng-oseng dari bahan dasar lain. Yang istimewa dari oseng-oseng jantung pisang ini adalah dengan kuah santan kentalnya. Seperti apa bahan dan cara membuatnya...

Bahan Oseng-Oseng Jantung Pisang Kuah Santan Kental

Bahan-bahan yang harus Bunda siapkan sebelum membuat oseng-oseng jantung pisang kuah santal kental ini adalah sebagai berikut: 2 buah jantung pisang, kental dari kelapa, 3 lembar daun salam, lengkuas digeprek, 2 sendok makan gula merah iris, 1 sendok teh kaldu jamur, kalau tidak ada pakai kaldu bubuk apa saja, secukupnya garam, 6 butir bawang merah, 4 butir bawang putih, 5 cabe merah, 10 cabe rawit merah.

Cara Masak Oseng-Oseng Jantung Pisang Kuah Santan Kental

Cara Masak Oseng-Oseng Jantung Pisang Kuah Santan Kental

Iris jantung pisang, cuci, rebus, tuang 4 sdm garam. Rebus hingga empuk, angkat, bilas dengan air bersih tiriskan. Tumis bumbu iris,daun salam dan lengkuas hingga harum, masukkan jantung pisang, tambahkan sedikit air. Setelah mendidih masukkan gula merah iris dan kaldu bubuk, aduk2 hingga rata, tuang santan kental kecilkan api. Setelah kuah mengental, koreksi rasa. Angkat dan hidangkan, bersama tempe goreng dan sambel.

Jantung Pisang Sayur Santan Putih + Daun Ubi

8 aneka olahan dari bahan jantung pisang yang terakhir ini adalah masakan jantung pisang dengan santan putih dan variasi daun ubi. Langsung saja Bunda simak bahan dan bumbu apa saja yang dipersiapkan terlebih dulu serta bagai mana cara masaknya agar tidak terasa getah dan pahitnya.

Bahan Jantung Pisang Kuah Santan Putih

Menu masakan ini paling sederhana dan mudah Bunda, bahan-bahan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak, yakni: 1 buah jantung pisang, 1 ikat daun ubi, 1/2 butir kelapa parut. Berikutnya adalah mempersiapkan bumbunya (dihaluskan Bun yaa...) : 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, sejempol jahe, 3 butir cabe rawit, sejumput teri medan, garam dan saus tiram.

Cara Masak Jantung Pisang Sayur Santan Putih

Cara Masak Jantung Pisang Kuah Santan Putih

Rebus daun ubi sampai lembut. Lalu rebus jantung pisang yg sudah di iris. Ulek bumbu halus lalu tumis dengan sedikit minyak goreng. Masukkan garam,saus tiram. Masukan santan, aduk terus sampai mendidih, masukan daun ubi dan jantung pisang, sambil tetap di aduk agar santan tidak pecah. Sudah masak dan siap untuk dihidangkan.

Itulah Bunda, 8 aneka resep dan cara masak jantung pisang dengan santan, semoga resep dan masakan ini menginspirasi Bunda yang bingung di dapur mau masak apa hari ini. Silahkan Bunda bagikan resep ini ke media sosial Bunda, agar teman-teman Bunda juga mengetahui aneka resep dan cara masak jantung pisang dengan santan ini. (rnw/nsj/ngecook)



Page: [ 1 ] [ 2 ] Next