Resep dan Cara Masak Oseng Oseng Jantung Pisang Kuah Santan Kental

NgeCook - Oseng-oseng jantung pisang kuah santan kental adalah salah satu olahan jantung pisang yang enak dan gurih untuk menu keluarga tercinta. Dengan budget yang relatif murah, Olahan ini juga cukup mudah untuk dipraktekkan di rumah. Langsung saja Bunda yang ingin mencoba membuat oseng-oseng jantung pisang kuah santal kental ini simak resep dan cara masaknya berikut ini.



Resep Oseng-Oseng Jantung Pisang Kuah Santal Kental

Bahan dan resep yang perlu Bunda siapkan adalah:  2 buah jantung pisang, Santan dari 1 buah kelapa, 3 lembar daun salam, lengkuas (digeprek ya Bun), 2 sendok makan gula merah yang diiris-iris. 1 sendok makan kaldu jamur, kemudian tambahkan garam secukupnya. 6 butir bawang merah dan 4 butir bawang putih. 5 cabe merah dan 10 cabe rawit merah.

Cara Masak Oseng-Oseng Jantung Pisang Kuah Santal Kental

Langkah-langkah masak oseng-oseng jantung pisang kuah santan kental ini adalah: iris dan cuci hingga bersih jantung pisang. Rebus hingga lunak dan empuk, lalu bilas dengan air bersih biar getahnya hilang dan agar tidak pahit, kemudian tiriskan.

Tumis bumbu iris, daun salam dan lengkuas hingga aromanya harum. Kemudian masukkan jantung pisang dan tambah sedikit air. Setelah mendidih masukkan gula merah iris dan kaldu bubuk. Aduk-aduk hingga merata dan bumbunya mencampur. Tuang santan dan kecilkan apinya.

Setelah kuah mengental, Bunda icip-icip dulu rasanya, kalau kurang asin silahkan tambahkan garam secukupnya, kalau dirasa sudah cukup, angkat dan oseng-oseng jantung pisang ini siap untuk dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga.