7 Resep dan Cara Masak Jantung Pisang Kepok Jadi Sayuran hingga Tumisan yang Lezat

NgeCook - Mungkin diantara Bunda ada yang masih asing dengan nama pisang kepok. Pisang kepok yang tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Pisang kepok adalah salah satu kultivar pisang dari kelompok kultivar ABB. Pisang ini termasuk kelompok pisang olah (plantain) karena tinggi kandungan patinya. Jenis pisang ini biasanya dibuat gorengan, kolak, dan direbus sangat enak dan manis.

Selain di Indonesia, pisang kepok ini ternyata juga ada di negara tetangga, tetapi memiliki nama yang berbeda. Filipina: Saba, Sab-a, Cardaba. Bali: Biu gedang saba. Malaysia: Pisang Nipah atau Pisang Abu. Ilocano: Dippig. Thai: Kluai Hin, dan di Hawaii namanya adalah Opu-’ulu, Dippig (dari Ilocano).

Selain buahnya yang dikenal manis dan enak untuk berbagai macam olahan, ternyata jantung pisangnya juga dapat dijadikan olahan yang tak kalah lezat dengan buahnya. Langsung saja Bunda simak 7 resep dan cara masak jantung pisang kepak beriut ini.

Sayur Lodeh Jantung Pisang Kepok

Sayur lodeh, kalau di Jawa menyebutnya jangan lodhèh adalah masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah. Sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih dan ada juga yang santannya berwarna kuning kemerahan. Mendengar kata santan, mungkin Bunda juga tertarik untuk mencoba Resep Jantung Pisang Santan yang telah dipost sebelumnya.

Bahan-bahan yang sering digunakan adalah labu jipang, kacang panjang, terung, petai, tempe, cabai, jagung kecil dan santan. Tapi yang ini lain dari yang lain Bunda yaa... tidak menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi, Tapi kali ini menggunakan jantung pisang kepok.

Resep masakan yang enak dan gurih ini sangat menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan serundeng daging, empal daging, telur asin dan ikan tongkol. Dan biasanya dihidangkan bersama dengan sambal.

Cara Masak Sayur Lodeh Jantung Pisang Kepok

Resep Sayur Lodeh Jantung Pisang Kepok

Untuk membuat masakan lodeh jantung pisang kepok, inilah resep dan bahan-bahan yang harus Bunda siapkan: 1 jantung pisang, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 1 ruas kencur, 1 sendok makan ketumbar, 1 sendok teh merica, 5 butir kemiri, 3 butir cabe merah, 1 sendok makan terasi, 1 sch santan kara, garam dan gula. Setelah bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah cara masak jantung pisang menjadi sayur khas Indonesia ini.

Cara Masak Sayur Lodeh Jantung Pisang Kepok

Langkah pertama rebus jantung pisang dengan diberi sedikit garam. BersihSiangian jantung kemudian haluskan (tingkat kehalusan sesuai selera). Haluskan semua bumbu kemudian tumis sampai harum. Tambahkan sedikit air ke dalam bumbu dan masukan jantung pisang yang sudah halus tadi. Bumbui gula garam sampai terasa sesuai selera. Langkan terakhir yaitudengan menambahkan santan kemudian kecilkan api, setelah santan tercampur rata tunggu sekitar 3 menit. Matang dan siap untuk disajikan.

Tumis Jantung Pisang Kepok

Bahan-bahan untuk tumis biasanya dipotong menjadi kepingan atau dihiris tipis untuk memudahkan memasak cepat. Cara utama pemindahan haba semasa menumis adalah pengaliran haba antara kuali dan makanan dimasak. Makanan yang ditumis adalah diperangkan sambil mengekalkan tekstur, kelembapan dan rasa. Sekiranya daging, ayam, atau ikan dimasak, tumis selalunya ditamatkan dengan mendeglas sisa di kuali untuk membuat sos. Mari Bunda coba resep tumis jantung pisang kepok berikut ini.


Cara Masak Tumis Jantung Pisang Kepok

Bahan dan Resep Tumis Jantung Pisang Kepok

Resep tumis jantung pisang kepok dikutip dan sudah dipraktekkan oleh Bunda Yanti Susanti yang dishare si cookpad id. Yang perlu Bunda siapkan tentunya adalah 1 buah jantung pisang. Sedangan bumbunya antara lain:  3 cabe merah keriting, 5 cabe rawit merah, 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 ruas jahe, 3 sendok teh garam, penyedap rasa (saya pakai masako rasa ayam).

Cara Masak Tumis Jantung Pisang Kepok

Iris halus jantung pisangnya kemudian rendam dengan air garam kurleb 5 menit. Kemudian bumbu diatas iris-iris, lalu tumis bumbu tersebut sampai matang, lalu masukkan jantung pisang yg sudah direndam tadi diperas.. Aduk Hingga rata sampai matang. tumis jantung pisang kepok siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga.

Gulai Jantung Pisang Kepok

Pada umumnya, gulai merupaan olahan masakan yang menggunakan bahan baku daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih. Ciri khas gulai adalah bumbunya yang kaya rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan. Masakan ini yang memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari ala Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ditemukan kari.

Kali ini NgeCook akan berbagi resep dan cara memasak gulai Bun... tetapi tida menggunakan bahan-bahan dasar seperti yang telah disebut di atas tadi. Berbeda Bunda yaa... karena disini tida menggunakan ikan atau daging tapi jantung pisang. Langsung saja bunda simak resep dan cara masak gulai jantung pisang kepok berikut ini.

Cara Masak Gulai Jantung Pisang Kepok

Resep Gulai Jantung Pisang Kepok

1 buah jantung pisang, 1/2 butir kelapa, 7 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 20 buah cabai rawit, 3 butir Kemiri, sesuai selera kunyit, jahe, daun salam, serai, dan lengkuas geprek, minyak sayur untuk numis bumbu

Cara Masak Gulai Jantung Pisang Kepok

Cincang jantung pisang ukuran bulat-bulat (dari ujung ya bunda). Rendam pakai air garam biar lembut dan tidak hitam. Rebus jantung pisang sampai lunak. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan kecuali serai daun salam dan lengkuas. Peras santan kelapa. Kadang ada bunda mau simpel kara kan ada. Jadi lebih hemat. Panaskan minyak lalu masukkan bumbu. Tumis hingga harum. Sudah harum masukkan jantung pisang yang sudah direbus dan di tiriskan.

Oseng Oseng Mercon Jantung Pisang Kepok

Oseng-oseng mercon adalah makanan tradisional yang sangat pedas dengan cabai rawit sebagai bahan utamanya. Tidak hanya namanya saja yang unik, makanan ini juga memiliki rasa yang sangat khas sehingga membuat orang ketagihan untuk menikmatinya. Oseng-oseng mercon ini sangat terkenal di Yogyakarta. Sehingga dijadikan salah satu makanan khas di sana. Apakah Bunda dan keluarga juga mencintai selera pedas??? Tida ada salahnya Bunda untuk mencoba masakan yang satu ini, oseng-oseng mercon jantung pisang kepok.


Cara Masak Oseng Oseng Mercon Jantung Pisang Kepok

Resep Oseng Oseng Mercon Jantung Pisang Kepok

Untuk membuat oseng-oseng jantung pisang kepok ini, terlebih dulu Bunda siapkna 1 buah jantung pisang kepok sebagai bahan utamanya. Kemudian Bunda siapkan bumbu-bumbunya seperti: 15 biji cabai rawit setan, 3 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 buah kemiri, 1 ruas lengkuas, 1 ruas jahe, 2 lembar daun salam, secukupnya minyak goreng, secukupnya garam, dan gula (sesuai selera)

Cara Masak Oseng Oseng Mercon Jantung Pisang Kepok

Bersihkan jantung pisang, iris tipis-tipis, lalu rebus sekitar 15menit. Angkat dan pisahkan dari air rebusan. Tiriskan. Haluskan Bumbu halus (cabe setan, bawang merah, bawang putih, kemiri) geprek saja untuk lengkuas dan jahenya. Panaskan minyak goreng untuk menumis secukupnya, lalu masukan bumbu halus tadi ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Tumis hingga wangi. Masukan salam dan serehnya ya. Setelah wangi, lalu masukan sayur tersebut ke dalam wajan dan aduk rata agar bumbunya meresap dan rata kedlm kantung pisang tadi. Beri garam dan gula, cicip rasa sesuai selera.

Naget Jantung Pisang Kepok

Munkin Bunda lebih familiar dengan ayam kalau dengar naget atau nugget. Nugget ayam adalah salah satu pangan hasil pengolahan daging ayam yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya berwarna kuning keemasan. Saat ini, nugget ayam menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang pesat

Bahan baku nugget adalah potongan daging ayam, tepung-tepungan, dan bumbu-bumbuan. Dalam pengolahan di industri, nugget ayam melalui beberapa tahapan. Pertama-tama, daging ayam digiling hingga halus. Kemudian, gilingan tersebut dicampur dengan pengemulsi, tepung, bumbu, dan air sehingga menjadi emulsi. Selanjutnya, emulsi tersebut diberikan pelapis basah dan pelapis kering. Berikutnya, emulsi yang telah diberikan pelapis ini digoreng, hingga matang. Setelah matang, nugget ayam dibekukan pada suhu sangat rendah hingga beku. Produk akhir kemudian dikemas.


Cara Masak Naget Jantung Pisang Kepok

Resep Naget Jantung Pisang Kepok

Bagaimana kalau bikin naget dengan bahan utama jantung pisang kepok??? Saat baru dengar, pasti akan tersasa aneh. Ini memang tidak biasa Bunda.... Namun tidak ada salahnya kalau Bunda mencoba resep naget jantung pisang kepok berikut ini. Bahan-bahan yang harus Bunda siapkan antara lain: 1 buah ontong (bunga pisang kepok), 2 butir telur, 2 sendok makan tepung terigu, 1/2 sendok teh penyedap rasa atau sesuai selera, 1 sendok teh garam, 2 sendok teh gula, 500 gram tepung panir (secukupnya aja), 2 siung bawang putih haluskan.

Cara Masak Naget Jantung Pisang Kepok

Kupas ontong kemudian cuci hingga bersih jangan lupa untuk membelahnya menjadi 4 bagian (agar cepat matang waktu direbus) lalu rebus hingga ontong lunak. Cincang ontong hingga benar-benar lembut kemudian masukkan semua bahan diatas menjadi satu (sisakan 1 butir telur untuk melumuri nugget dengan tepung panir). Jika sudah tercampur semua maka tuangkan adonan kedalam wadah atau bisa juga dibungkus daun pisang agar aromanya khas dan tidak lengket waktu diiris kemudian kukus selama 20 menit. Setelah direbus potong nugget sesuai selera kemudian lumuri dengan telur dan taburi dengan tepung panir. Bisa langsung dgoreng ataupun dimasukkan dalam lemari es terlebih dahulu sebelum digoreng.

Oseng-Oseng  Jantung Pisang Kepok

Berbeda dengan yang sudah dishare di atas tadi Bunda yaa... yang sebelumnya tadi adalah oseng-oseng mercon jantung pisang, kali ini jantung pisangnya masih diolah menjadi oseng-oseng, namun tidak pedassss seperti di atas tadi. Langsung saja Bunda simak resep dan cara masak oseng-oseng jantung pisang kepok berikut ini...

Cara Masak Oseng-Oseng  Jantung Pisang Kepok

Resep Oseng-Oseng  Jantung Pisang Kepok

Berikut ini adalah resep oseng-oseng jantung pisang kepok: 1 buah jantung pisang, 3 bawang merah, 4 bawang putih, 5 buah cabe rawit, 5 buah cabe hijau dan secukupnya teri udang.

Cara Masak Oseng-Oseng  Jantung Pisang Kepok

Kupas jantung pisang bagian luar sampai terlihat yang cukup putih. Sementara yang bagian dalam tadi diambil bagian korek apinya yang keras itu lalu iris. Siapkan air dalam panci lalu iris-iris jantung pisang pada air. Rebus irisan jantung pisang dengan semuanya bagian tertutup air biar hasilnya tidak terlalu hitam. Setelah matang tiriskan dan guyur dengan air bersih. Iris tipis bawang merah, bawang putih dan cabe. Tumis bumbu dan tambahkan teri udang. Beri sedikit saus tiram. Lalu masukkan jantung pisang. Tambahkan gula garam dan masak hingga matang.

Rendang Jantung Pisang Kepok

Rendang atau randang adalah masakan daging dengan bumbu rempah-rempah yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan sampai kuahnya kering sama sekali. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

Nah Bunda... rendang ternyata sangat identik an dengan daging... mencoba sesuatu yang berbeda tentunya juga akan memberikan rasa serta sensasi yang berbeda, yu Bun dicoba resep rendang jantung pisang berikut ini...

Cara Masak Rendang Jantung Pisang Kepok

Resep Rendang Jantung Pisang Kepok

Sebelum memulai memasak, Bunda siapkan dulu bahan-bahan berikut ini: Jantung pisang kepok
dan rebusan kacang tolo/kacang beras

Cara Masak Rendang Jantung Pisang Kepok

Ambil jangtung pisang yang putih saja, lalu di rajang agak tipis biar cepat rebusnya. Kemudian direbus bareng sama kacang beras/kacang tolo kurang lebih 1/2 matang. Lalu tiriskan. Setelah matang, geprek 3 siung bawang putih, gongso hingga harum baru masukkan bumbu rendang instan gongso garam secukupnya, gula secukupnya, masukkan juga laos daun jeruk sereh kapulaga kalau suka, lalu masukkan rebusan jantung pisang, air secukupnya aduk hingga bumbu meresap. Setelah tercampur dan meresap baru masukan santan kara. Aduk agar santan tidak pecah, setelah mendidih dan sedikit meresap baru angkat dan sajikan, taburan bawang merah lebih sedap.

Semoga resep jantung pisang di atas bermanfaat Bunda yaa... dan bisa menjadi inspirasi dan menu alternatif untuk masakan Bunda dan keluarga tercinta. Nantikan edisi berikutnya yang masih bertema aneka olahan jantung pisang dengan berbagai macam kreasi yang bisa Bunda coba di rumah. (nsj/ngecook)


Halaman Selanjutnya
Resep dan Cara Masak Tumis Jantung Pisang

Page: [ 1 ] [ 2 ] Next