Resep dan Cara Masak Sayur Jantung Pisang Tanpa Santan

NgeCook - Sayur jantung pisang tanpa santan ini menjadi alternatif masakan keluarga yang tidak suka dan anti dengan yang namanya sari kelapa. Ada banyak pilihan Bun sebenarnya, misalnya adalah dibuat Tumis Jantung Pisang yang resep dan cara masaknya juga sudah dishare di blog ini.

Sayur jantung pisang tanpa santan ini resep dan cara masaknya cukup mudan Bunda, sama seperti masakan harian pada umumnya, untu bumbu-bumbu yang diperlukan juga tidak susah carinya. Kalau Bunda tinggal di kota, mungkin bahan utamanya ini yang sudah dicari, yaitu jantung pisangnya. Kalau di kampung masih banyak dan gratis tanpa harus membeli.


Resep Masak Sayur Jantung Pisang Tanpa Santan

Bahan-bahan dan bumbu untuk memasak sayur jantung tanpa santan ini Bunda siapkan 1 buah jantung pisang yang masih segar. Kemudian siapan lagi 1 batang sereh, buang kulit luarnya Bunda yaaa... lalu digepre biar nanti mudah meresap.

Lihat Juga: Resep dan Cara Masak Gulai Jantung Pisang Tanpa Santan

Lenguas atau laos, tidak perlu terlalu banyak Bunda... yaa kira-kira cukup 2 cm saja, dan sama juga digeprek seperti sereh tadi. Lalu 3 lemabar daun jeruk dan 1 lembar daun salam. 400 ml air, garam dan gula secukupnya Bunda yaa... sesuai selera, kaldu bubuk secukupnya dan yang terakhir adalah minyak gorang yang nanti digunakan untuk menumis.

Cara Masak Sayur Jantung Pisang Tanpa Santan

Setelah bahan dan bumbi siap, saatnya mulai masak sayur jantung pisang tanpa santan yang sedap. Langkah pertama kupas jantung pisangnya gingga sampai pada lapisan kulit yang lunak, lalu cuci jantung pisang hingga bersih. Bisa juga direndam air garam sebentar untuk menghilangkan getahnya. Rebus hingga empuk lalu potong sesuai dengan selera Bunda. Panaskan minyak di wajan lalu masukkan bumbu, aduk sampai rata. Tuang air lalu masukkan potongan jantung pisang yang sudah direbus tadi selanjutnya masak hingga mendidih. Beri garam, gula dan kaldu bubuk. Cicipi dan sesuaikan rasanya, masak hingga semuanya matang. Dan siap untuk dihidangkan buat keluarga tercinta.

Demikian Bunda... share resep masakan dari NgeCook, semoga bermanfaat dan menginspirasi Bunda yang bingung di dapur mau masak apa hari ini.