Resep dan Cara Masak Gulai Jantung Pisang Tanpa Santan

Ngecook - Santan memiliki rasa lemak yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk membuat masakan menjadi gurih. Santan kelapa mengandung tiga nutrisi utama, yaitu lemak sebesar 33.80%, protein sebesar 6.10%, serta karbohidrat sebesar 5.60%. Hal tersebut sesuai dengan peryataan dalam sebuah penelitian yang menyatakan penambahan santan dapat menambah cita rasa dan nilai gizi, contohnya dalam abon. Santan akan menambah rasa gurih karena memiliki kandungan lemak yang besar.

Cara Masak Gulai Jantung Pisang Tanpa Santan

Resep Gulai Jantung Pisang Tanpa Santan

Bahan-bahan dan bumbu yang harus Bunda siapkan untuk mencoba masakan ini adalah: 1 buah jantung pisang kepok, 5 butir kemiri, 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 batang bawang daun, 1 ruas jari lengkuas geprek, 1 ruas jari kunyit, 5 biji cabe rawit, secukupnya gulgar, sedikit merica, 1 sdm minyak utk menumis, secukupnya air utk merebus dan 2 gelas air untnk kuah sayurnya. Lalu bagaimana cara memasaknya.... Silahkan Bunda simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Masak Gulai Jantung Pisang Tanpa Santan

Pertama-tama didihkan air, belah jantung pisang jadi 4, kemudian rebus sampai empuk, iris kecil sesuai dengan selera, peras airnya, kemudian sisihkan terlebih dulu. Haluskan kemiri, kunyit dan merica. Iris bawang dan lengkuas juga cabe rawit. Tumis bersama kemiri halus. Tambahkan air. Setelah mendidih, masukkan jantung pisang, bisa juga ditambahkan irisan tahu/ tempe. Masukkan gula dan garam, penyedap rasa, kalau Bunda tidak suka boleh skip. Tes rasa.. aduk sesekali hingga air sedikit menyusut. Angkat dan hidangkan degan nasi hangat.