Resep dan Cara Masak Tumis Jantung Pisang Teri Plus Jengkol

NgeCook - Jengkol atau jering (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bijinya digemari di Malaysia (disebut "jering"), Myanmar (disebut "da nyin thee'"), dan Thailand (disebut "luk-nieng" atau "luk neang"). Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan.

Lihat Juga: Resep dan Cara Masak Tumis Jantung Pisang Anti Pahit

Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

Tumis Jantung Pisang Teri Plus Jengkol

Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat. Ternyata jengkol bisa diolah bareng jantung pisang yang akan jadi masakan yang enak sebagai lauk makan, yakni tumis jantung pisang teri plus jengkol, seperti apa resep dan cara membuatnya, simak resep yang pernah dishare Bunda Ajeng di Cookpad ini.

Cara Masak Tumis Jantung Pisang Teri Plus Jengkol

Resep Tumis Jantung Pisang Teri Plus Jengkol

1 Buah jantung pisang segar kupas dan buang kulit luarnya lalu cuci sampai bersih dan getahnya hilang. Jengkol secukupnya, cuci bersih dan diiris kecil, 50 gram teri Medan. 3 buah cabai merah pedas, 3 Siung bawang merah dan 2 siung bawang putih.

Lihat Juga: Resep dan Cara Masak Lodeh Jantung Pisang Kepok

Tambahkan 1 buah tomat biar rasanya makin sedap. Secukupnya gula dan garam. 1 sendok makan saos tiram. Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan air secukupnya untuk merebus.

Cara Masak Tumis Jantung Pisang Teri Plus Jengkol

Rebus jantung sampai lembut dan lunak, lalu potong potong kecil, tiriskan. Haluskan Cabe merah, bawang merah, bawang Putih, dan Tomat. Tumis Teri dan Jengkol, lalu masukkan bumbu halus, masukkan jantung pisang yang sudah di potong potong, lalu diaduk merata. Beri sedikit air, masukkan garam, gula dan saos tiram. Aduk lagi dan koreksi rasa, lalu siap disajikan dengan
nasi hangat.

semoga resep dan cara masak tumis jantung pisang plus jengkol di atas bermanfaat dan menginspirasi Bunda buat masak hari ini.

Halaman Berikutnya


Page: [ 1 ] [ 2 ] Next