Resep dan Cara Masak Gulai Jantung Pisang Kepok

NgeCook - Gulai adalah salah satu jenis hidangan yang tersebar luas di Nusantara, terutama di Sumatra dan Jawa serta Semenanjung Malaya. Hidangan ini berasal dari Sumatra sebagai hasil pengaruh dan penerapan seni memasak India yang kaya akan rempah dan bumbu seperti kari.

Gulai adalah salah satu bumbu hidangan dasar yang paling dikenal dalam Masakan Minangkabau, kuah gulai yang berwarna kuning ini menjadi bumbu dan memberikan citarasa bagi berbagai macam hidangan yang disajikan di rumah makan Padang.

Lihat Juga: Resep dan Cara Masak Tumis Jantung Pisang Kepok

Kuah atau bumbu gulai biasanya kental dalam hidangan Minangkabau, Melayu, dan Aceh, akan tetapi di Jawa kuah gulai lebih cair menjadi semacam sup yang dihidangkan panas-panas yang berisi daging atau jeroan kambing.

Cara Masak Gulai Jantung Pisang Kepok

Resep Gulai Jantung Pisang Kepok

Bunda siapkan 1 buah jantung pisang, setengah butir kelapa, kemudian 7 siung bawang merah, dan 2 siung Bawang putih. 20 buah Cabai rawit, 3 butir kemiri, kunyit (tapi jangan terlalu banyak Bunda, sesuai selera saja), jahe, daun salam, serai, lengkuas geprek, minyak sayur untuk numis bumbu

Cara Masak Gulai Jantung Pisang Kepok

Jantung pisang dicincang ukuran bulat-bulat (dari ujung ya bunda) lalu direndam dengan air garam biar lembut dan tidak berwarna hitam nanti kalau sudah masak. Jantung pisang direbus sampai empuk dan lunak. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan kecuali serai daun salam dan lengkuas.

Lihat Juga: Resep dan Cara Masak Lodeh Jantung Pisang Kepok

Peras santan kelapa. Kadang ada bunda mau simpel kara kan ada. Jadi lebih hemat. Panaskan minyak lalu masukkan bumbu. Tumis hingga harum. Sudah harum masukkan jantung pisang yang sudah direbus dan di tiriskan.