Resep dan Cara Masak Tumis Jantung Pisang Tongkol Suir Pedas

NgeCook - Resep dan cara masak tumis jantung pisang tongkol suir pedas. Tongkol, tongkol como, tongkol komo, atau tongkol kurik (Euthynnus affinis) adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae. Terutama menjelajah di perairan dangkal dekat pesisir di kawasan Indo-Pasifik Barat, tongkol merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai kawakawa, little tuna, mackerel tuna, atau false albacore.

Tumis Jantung Pisang Tongkol Suir Pedas

Tongkol merupakan ikan tangkapan nelayan yang penting di berbagai negara di wilayah sebarannya. Tongkol como terbanyak ditangkap di Filipina, Malaysia, dan Pakistan; sementara di India ikan ini menduduki posisi yang cukup penting. Di Indonesia sendiri, tongkok ini bisa menjadi bermacam-macam olahan yang enak. Bisa untuk sayur, pepes, goreng dan tidak kalak lezatnya kalau ditumis. Sebagaimana yang telah dishare Bunda Yuphie di Cookpad ini, resep dan cara masak tumis jantung pisang tongkol pedas.

Cara Masak Tumis Jantung Pisang Tongkol Suir Pedas

Resep Tumis Jantung Pisang Tongkol Suir Pedas

Tidak perlu membutuhkan banyak bumbu dan bahan, untuk membuat olahan tumis jantung pisang dengan tongkol suir ini Bunda siapkan saja: 1 buah jantung pisang, 1 ekor ikan tongkol, 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, merica, kaldu, garam. Sedangkan untuk bumbu halus: 5 cabe merah, 15 cabe rawit merah dan terasi.

Cara Masak Tumis Jantung Pisang Tongkol Suir Pedas

Rebus jantung pisang hingga lunak. Setelah matang, angkat & tiriskan lalu potong sesuai selera. Goreng ikan tongkol cue setelah matang angkat dan suir- suir ikan. Tumis duo bawang hingga wangi. Masukkan bumbu yg sudah di haluskan, tumis hingga wangi. Beri sedikit air. Masukkan potongan jantung pisang, aduk merata. Masukan ikan tongkol cue yg udah di suir -suir, lalu aduk kembali. Beri seasoning (garam, merica dan kaldu). Koreksi rasa lalu masak sampai matang.

Selamat mencoba Bunda, semoga share resep olahan jantung pisang ini bermanfaat dan berguna.

Halaman Berikutnya


Page: [ 1 ] [ 2 ] Next