Resep dan Cara Masak Lodeh Jantung Pisang Kepok

NgeCook - Sudah tidak asing lagi, sayur lodeh adalah masakan khas Indonesia, masakah nusantara, kalau di daerah Jawa Tengah, sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih dan ada juga yang santannya berwarna kuning kemerahan.

Lihat Juga: Oseng-Oseng Jantung Pisang Kepok

Bahan-bahan yang sering digunakan adalah labu jipang, kacang panjang, terung, petai, tempe, cabai, jagung kecil dan santan. Resep masakan yang enak dan gurih ini sangat menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan serundeng daging, empal daging, telur asin dan ikan tongkol. Dan biasanya dihidangkan bersama dengan sambal. Masakan ini menyerupai kari, tetapi masakan ini menggunakan sayur-sayuran daripada menggunakan daging atau boga laut.

Lodeh Jantung Pisang Kepok

Sayur lodeh memang bisa divariasi dengan berbagai macam bahan, hampir semua sayuran bisa dimasak menjadi sayur lodeh, misalnya kacang panjang, terong, tewel, rebung, dll. Nah kali ini NgeCook akan bergagi resep sayuran yang dengan bahan baku jantung pisang, yakni, resep dan cara masak lodeh jantung pisang kepok, langsung saj aBunda simak resep dan pengolahannya berikut ini.

Resep Lodeh Jantung Pisang Kepok

Resep Lodeh Jantung Pisang Kepok

Bumbu dan bahan-bahan yang harus Bunda siapkan antara lain: 1 buah jantung pisang, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 1 ruas kencur, 1 sendok makan ketumbar, 1 sendok teh merica, 5 butir kemiri, 3 butir cabe merah, 1 sendok makan terasi, 1 sch santan kara, garam dan gula. Setelah bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah cara masak jantung pisang menjadi sayur khas Indonesia ini.

Cara Masak Lodeh Jantung Pisang Kepok

Langkah pertama rebus jantung pisang dengan diberi sedikit garam. BersihSiangian jantung kemudian haluskan (tingkat kehalusan sesuai selera). Haluskan semua bumbu kemudian tumis sampai harum. Tambahkan sedikit air ke dalam bumbu dan masukan jantung pisang yang sudah halus tadi. Bumbui gula garam sampai terasa sesuai selera. Langkan terakhir yaitudengan menambahkan santan kemudian kecilkan api, setelah santan tercampur rata  tunggu sekitar 3 menit. Matang dan siap untuk disajikan.

Halaman Berikutnya


Page: [ 1 ] [ 2 ] Next