Resep dan Cara Masak Tumis Jantung Pisang Anti Pahit

NgeCook - Tumisan merupakan cara masak yang singkat dan cepat dengan minyak goreng da api yang cenderung besar. Dalam pembuatan olahan tumisan ini bahan-bahan tumisan dipotong-potong kecil dan dimemarkan terlebih dulu agar bumbu bisa meresap dan tumisan cepat masak. Penumisan biasanya dihentikan ketika bahan sudah mulai kecoklatan dengan mengangkat segera dari minyak panas atau ditambahkan bahan cair dalam jumlah banyak, seperti air, kaldu, atau santan.

Di post kali ini NgeCook akan berbagi resep yang sebelumnya sudah di share oleh Bunda Nila di Cookpad, aykni resep dan cara masak tumis jantung pisang, langsung saja Bunda simak langkah-langkahnya berikut ini.

Tumis Jantung Pisang

Tumis jantung pisang mungkin bagi sebagagian Bunda masih terasa asing, dalam membuat tumis, biasanya adalah dengan bahan kacang-kacangan atau sayuran. Kalau di kota-kota besar, jantung pisang seperti ini mungkin akan susah didapat, beda kalau di kampung.

Cara Masak Tumis Jantung Pisang Anti Pahit

Resep dan Tumis Jantung Pisang Cara Masak

Bahan dna resep yang harus Bunda siapkan antara lain: 1 buah jantung pisang (kalau yang sudah dipraktekkan oleh Bunda nila ini adalah jantung pisang batu), kemudian 1 buah tomat merah, diiris-iris. 25 gram teri dan tambahkan 100 mili liter air. 1 sendok teh kecap ikan dan 1 sendok teh saus tiram, selanjutnya secukupnya gula merah, garam dan kaldu bubuk

Bumbu Halus Tumis Jantung Pisang
Bumbu yang perlu dihaluskan antara lain: 7 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah cabai merah keriting,15 buah cabai rawit merah dan 15 buah cabai rawit hijau

Cara Masak Tumis Jantung Pisang

Langkah pertama Bunda rebus air hingga mendidih. Cuci bersih jantung pisang, lalu potong jadi 4 bagian. Kemudian rebus jantung pisang + 1 sendok makan garam selama 10 menit. Cuci bersih di air mengalir sambil diremas-remas supaya tidak ada getah. Potong sesuai selera, sisihkan. Haluskan bumbu halus, bisa juga diiris, saya pakai chopper. Tomat saya iris.

Ini ikan teri yang saya pakai. Cuci bersih lalu goreng setengah matang, angkat, tiriskan, sisihkan. Tumis bumbu halus degan memakai minyak bekas goreng teri, tumis hingga harum dan layu. Kemudian masukkan teri + tomat + kecap ikan + saus tiram + gula + garam + kaldu bubuk, aduk rata. Tumis hingga tomat layu. Masukkan jantung pisang, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata, masak hingga air menyusut, tes rasa. Matikan api kompor, biarkan hangat, siap disajikan.

Mudah kan Bunda cara masak tumis jantung pisang ini... cepat dan sangat ekonomis.

Halaman Berikutnya


Page: [ 1 ] [ 2 ] Next